Mengapa Listrik Sering Padam

TMK (36).jpg

Mengapa listrik sering padam ? kata-kata itulah yang sering saya dengar ketika saya menjalankan tugas lapangan sebagai seorang pelaksana Pemeliharaan Jaringan dan Gardu Distribusi PT. PLN (Persero), bagi sebagian orang mungkin mengira aliran listrik sengaja dipadamkan, padahal kami sebagai pekerja pemeliharaan dan juga rekan-rekan pekerja Pelayanan Tekhnik dan rekan-rekan pekerja dari PT. PLN sendiri, selalu dituntut  oleh management PT. PLN dalam kehandalan Jaringan dan Gardu Distribusi. Jadi kamipun sama seperti anda para pelanggan atau pengguna listrik dari PT. PLN tidak pernah menginginkan dan selalu berusaha menjaga kehandalan Jaringan dan Gardu Distribusi agar aliran listrik tidak padam, karena jika padam itu artinya terjadi gangguan di Jaringan atau di Gardu Distribusi, dan jika terjadi gangguan artinya kamipun harus bekerja extra siang ataupun malam. Nah disini saya akan sedikit menjawab pertanyaan para pelanggan tentang mengapa listrik sering padam ?

Ada dua katagori padam

  1. PADAM TERENCANA (Disertai Surat Pemberitahuan sebelum dilakukan pemadaman) penyebabnya ada satu macam yaitu adanya pemeliharaan pada Jaringan dan Gardu Distribusi atau pada Gardu Induk, termasuk penggantian alat, penambahan alat baru, penyambungan jaringan baru, pengoperasian gardu distribusi baru dan perubahan daya trafo pada gardu distribusi atau gardu induk.
  2. PADAM TIDAK TERENCANA penyebabnya ada beberapa macam, diantaranya adalah faktor alam,  binatang dan alat. Faktor alam artinya penyebab ganguannya dari alam diantaranya jaringan terkena petir, ranting pohon patah menimpa jaringan, pohon tumbang menimpa jaringan, tiang roboh terbawa tanah longsor, Faktor Binatang artinya penyebab gangguannya adalah seekor binatang, mengapa binatang bisa menjadi penyebab gangguan ? ya karena disaat seekor binatang naik ke tiang bisa menyebabkan terjadinya konsleting antar phase atau konsleting phase dengan ground. Faktor Alat artinya terjadi kerusakan pada alat yang terpasang pada jaringan dan gardu distribusi atau pada gardu induk.

Demikianlah sedikit penjelasan dari saya menjawab pertanyaan yang sering terlontar dari para pelanggan tentang mengapa listrik sering padam ? semoga bermanfaat bagi kita semua, saya tunggu kritik dan sarannya terima kasih.

salam hangat

pengelola website : http://www.listrikdankita.wordpress.com

 

 

Tinggalkan komentar